Wednesday, December 31, 2008

Hidup Sehat Dan Alami

Hidup Sehat dan Alami

Hidup sehat akan berdampak pada penampilan dan perasaan kita yang akan merasa melayang jauh lebih baik. Setiap orang, termasuk juga para blogger, pastinya mendamba kehidupan pribadinya berjalan lebih baik dan bermakna. Mendulang dollar hanya dengan mengembangkan hobby plus hidup sehat tanpa penyakit, mungkin nggak ya? Saya berpendapat itu mungkin saja, asalkan kita memperhatikan gaya hidup kita (nggak sekedar makanannya saja yang kudu diperhatiin).

Pasalnya di zaman yang serba modern ini (baca:instan), hampir kebanyakan orang bingung bagaimana seharusnya menjalani hidup dengan sehat. Mungkin karena pengaruh iklan adsense yang nampang di blog, TV, radio, yang kesemuanya menjanjikan hidup sehat. Akhirnya muncul paradigma baru bahwa untuk sehat perlu terapi kesehatan, perlu ikut MLM, minum obat-obatan, atau bahkan operasi (Capek Deee...). Dan akhirnya berkesimpulan bahwa untuk sehat itu butuh biaya. Ini masalahnya Bro!!

Apakah kita, termasuk para blogger sekalian, juga menjadi korban paradigma konyol ini? Saya rasa pasti ada.. Berfikir bahwa menambah energi itu cukup dengan kaffein, minum obat pencahar penenang, atau sekedar makan junk food ( burger, fried chicken, pizza), pergi ke dokter, membayar premi asuransi, atau sampai operasi plastik hanya untuk melindungi dan menjaga tubuh kita tetap sehat dan menarik! I don't think so[...]

Bagaimana mungkin kita bisa terjebak dalam paradigma konyol seperti itu? Bukankah kita hidup di zaman yang serba keblinger modern? Ok, jika sobat dah terlalu lelah mendengarkan bualan iklan yang isinya nonsense ajah, maka dengan bangga senang hati saya ingin mengajak untuk kembali berfikir sederhana, murah, applicable untuk hidup sehat.

7 langkah mudah nan sederhana untuk sehat, cukup dengan:

1. Makan menu yang sehat. Pastikan kita memakan makanan sehat, alami, dan berkualitas dalam gizi (bukan dalam harga!). Mampu mencukupi kebutuhan tubuh dengan nutrisi yang terkandung dalam makanan. Jauhi junk food yang memang bukan prioritas utama tubuh kita (mahal dan nggak sehat bro..) Hindari sampah seperti gorengan, fast food, sweet cake dan mulailah memakan nutrisi alami yang dibutuhkan tubuh. Saya yakin tubuh kita bakal seneng banget kalo kita mau menjaganya..

2. Minum cukup air. 8-10 gelas air putih dalam sehari. Banyak sekali minuman sok populer yang sebenarnya merupakan racun bagi tubuh kita. Cola, kopi, apalagi alkohol, sama sekali nggak berguna untuk tubuh kita klo ingin menerapkan hidup sehat. Cukupkan dengan minum lebih banyak air murni nan bersih karena 60% dari tubuh kita merupakan cairan. Dan cairan tersebut terpakai tiap harinya. Jadi ya harus diganti..

3. Lakukan olahraga secara rutin. Sering sekali saya mengingatkan untuk menggerakkan tubuh kita min 3x seminggu. Baca juga postingan saya tentang Tips olahraga sehari-hari dan bagaimana memilih olahraga yang optimal. Ritme kerja harian kita kebanyakan kalo nggak berdiri terus ya duduk terus (blogger pasti lebih banyak duduk, ya iyalah masak ngenet koq berdiri trus!). Sisipkan cukup 30 menit dari kesibukan untuk berolahraga ya..

4. Kurangi stres. Stres dalam kadar yang cukup sebenarnya bagus, misalkan saja stres/tekanan yang kita rasakan saat beradu tanding dalam sebuah permainan olahraga. Stres yang kita rasakan waktu berolahraga merupakan jenis stres yang bisa melepas stres berlebih akibat banyaknya pekerjaan sehari-hari. Ingat, bila kita sedang murung, sedih, khawatir, atau merasa bersalah biasanya muncul ketika sedang menghadapi pekerjaan besar di depan mata. Rileks dan release your stress bro..

5. Bertanggung jawablah atas kesehatan diri sendiri. Lha trus siapa kalo bukan kita? Sangat nggak masuk akal kalo kita melempar tanggungjawab atas kesehatan kepada seorang dokter atau asuransi jiwa semata. Doktor itu tugasnya berusaha untuk menyembuhkan penyakit Bro, dia nggak konsen ke masalah bagaimana mencegahnya. Jika ingin hidup sehat, tanggung jawablah dengan kondisi kesehatanmu sendiri.

6. Jagalah pikiranmu. Hidup sehat bukan berarti fisiknya saja melainkan juga jiwa dan pikirannya. Pikiran manusia itu memiliki kekuatan tersendiri Bro. Jadi jangan gunakan pikiranmu hanya untuk negative thinking, khawatir, gundah, sedih, gelisah takut, dan sebagainya. Mulailah dari sekarang dengan mindset yang positif jauh ke depan yang dapat menyokong kesehatanmu.

7. Nikmati hidupmu mulai sekarang. Diberikan umur yang panjang terasa sangat indah ketika kita lalui dengan senang dan sehat. Untuk apa hidup lama (dan kaya) kalo untuk sakit-sakitan saja? Enjoy saja dengan keadaan sekarang, jangan terlalu memusingkan masa depan yang belum tentu terjadi.

Jadi Bro, mulailah menjalani hidup yang sehat dan menyenangkan mulai sekarang. Memang tidak ada yang menjamin bahwa dengan hidup sehat kita akan panjang umur tapi dengan hidup sehat umur panjang kita akan jauh berkualitas dan menyenangkan. Betul nggak?

No comments:

Post a Comment