Thursday, January 1, 2009

Solusi Malas Berolahraga

Solusi Malas Berolahraga
Untuk mengatasi ketakutan akan rasa sakit akibat berolahraga, dalam melakukan olahraga, sebaiknya selalu melakukannya dalam porsi, durasi, dan intensitas yang sesuai dengan kapasitas masing-masing individu. Untuk menentukan porsi, durasi, dan intensitas yang sesuai, tanyakan kepada dokter atau professional kebugaran di tempat Anda berolahraga. Pilihlah jenis olahraga yang kita senangi serta lakukan pemanasan yang cukup untuk menghindari cedera yang akan menimbulkan rasa jera.
Solusi untuk meningkatkan kesadaran berolahraga maupun menjalankan gaya hidup sehat biasanya ini bisa dilakukan dengan menyentuh nilai yang dipegang oleh seseorang.
• Bagi yang religius: kesehatan adalah anugrah. Menjaga kesehatan berarti ibadah, karena tidak menjaga anugrah dari Yang Kuasa.
• Bagi seorang ayah/ibu: kesehatan penting untuk menjaga nafkah keluarga. Kalau tidak sehat, siapa yang akan menafkahi keluarga? Menjaga dan bermain dengan buah hati? Dan mengurus rumah tangga? Kalau kita sakit, siapakah yang paling menderita selain diri kita sendiri?
• Bagi yang berkarir: kesehatan penting untuk karir. Dengan tubuh yang lebih sehat dan bugar, kerja jadi lebih produktif dan conduite lebih baik, jenjang karir lebih terbuka lebar dan potensi penghasilan menjadi lebih besar pula.
• Bagi yang akademik: kesehatan meningkatkan konsentrasi pikiran dan mengasah disiplin. Dengan demikian pengaturan waktu (time management) menjadi lebih efektif dan efisien, prestasi akademik pun berpotensi menjadi lebih baik.
• Bagi yang mau reuni 3 bulan lagi: Malu apabila bertemu dengan teman lama yang mengomentari tubuh kita bertambah gemuk.
Dan masih banyak lagi yang bisa dikemukakan. Yang bisa kita lakukan adalah untuk mencari apa nilai yang sangat berarti bagi hidup kita yang mungkin hilang apabila kita tidak memiliki kesehatan untuk menjaganya.
Ade Rai - Health Ambassador & Fitness Motivator

No comments:

Post a Comment